Menikmati Borobudur Sunrise dari Lima Bukit

Februari 20, 2017

Menikmati sunrise adalah salah satu waktu terbaik untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dan alam sekitarnya. Maka wajar bila pengelola Candi Borobudur menyediakan tiket khusus bagi Anda yang ingin menikmati indahnya sunrise di Candi Borobudur. Ada banyak alternatif tempat untuk menikmati keindahan sunrise dan alam sekitar Candi Borobudur di beberapa desa wisata. Anda bisa menikmati sunrise dari beberapa punthuk dekat Candi Borobudur dengan pemandangan yang luar biasa. Berikut diantaranya:

1.Punthuk Setumbu

desawisataborobudur_puthuk_setumbu

Punthuk adalah sebutan bagi bukit-bukit di sekitar Borobudur. Punthuk Setumbu adalah salah satu yang disebut pula Borobudur Nirvana Sunrise. Pemandangan dari bukit ini memang tak cukup diungkapkan dengan kata-kata. Anda bisa menikmati matahari terbit dari balik Gunung Merapi lengkap dengan pemandangan Candi Borobudur yang berselimut kabut.

desawisataborobudur_puthuk_setumbu_2

Punthuk Setumbu telah cukup punya nama di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Berada pada ketinggian 400 mdpl, bukit ini merupakan bagian dari gugusan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasinya cukup dekat dengan Gereja Ayam yang juga merupakan spot populer untuk menikmati sunrise di sekitar Candi Borobudur.

 

2.Punthuk Kendil

desawisataborobudur_puthuk_kendil_1

Punthuk Kendil terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah. Punthuk yang disebut pula Punthuk Gupakan ini memang belum setenar Punthuk Setumbu. Tapi, pemandangan yang terlihat dari sini juga tak kalah mengagumkan.

desawisataborobudur_puthuk_kendil_2

Dari Punthuk Kendil, Anda bisa menikmati sunrise dan panorama pegunungan ditambah lautan kabut yang menawan. Pemandangan saat sunset pun dijamin tak akan mengecewakan. Punthuk ini dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Sudah tersedia gazebo bambu, gardu pandang dan toilet. Dari punthuk ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sebelah timur, serta Gunung Sumbing yang bertetangga dengan Gunung Sindoro di sebelah barat.

 

3.Punthuk Sukmojoyo

desawisataborobudur_puthuk_sukmojo_1

Punthuk yang juga dikenal dengan sebutan Sukmojoyo Hill ini terdapat spot khsusus untuk foto di atas pohon mirip Kalibiru Kulon Progo. Dari tempat ini, Anda bisa melihat lanskap Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing, serta Candi Borobudur yang indah berselimut kabut. Letak punthuk ini berjarak sekitar 2 km dari Punthuk Mongkrong, tepatnya di Dusun Krinjing, Desa Giritengah.

desawisataborobudur_puthuk_sukmojo_2

Retribusi untuk setiap tempat di atas sangatlah murah, berkisar 3 ribu sampai 15 ribu rupiah. Disarankan untuk membawa alat penerangan dan memakai sepatu yang nyaman karena nanti Anda harus trekking dulu untuk sampai ke puncak punthuk.

 

4.Punthuk Purwosari

desawisataborobudur_puthuk_purwosari_1

Waktu paling tepat untuk memulai pendakian Bukit Purwosari Borobudur adalah satu jam sebelum tiba waktu matahari terbit. Pada waktu tersebut diharapkan pengunjung telah tiba di area parkir Bukit Purwosari dan sebelumnya telah memperkirakan lama perjalanan menuju lokasi. Sebelum mendaki Bukit Purwosari, pengunjung dipersilakan mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela untuk pengelolaan wisata.

desawisataborobudur_puthuk_purwosari_2

Purwosari Hill adalah sebutan yang familiar dengan punthuk ini. Lokasi punthuk yang terletak di barat daya Candi Borobudur ini cukup dekat dengan Punthuk Setumbu. Pemandangan yang ditawarkan Bukit Purwosari memang tak jauh beda dengan Punthuk Setumbu. Tapi, punthuk yang dulunya bernama Bukit Cemuris ini bisa menjadi alternatif melihat indahnya sunrise dengan sudut pandang yang berbeda.

 

5.Punthuk Mongkrong

desawisataborobudur_puthuk_mongkrong_1

Yang membuat Punthuk Mongkrong ini menyedot perhatian banyak wisatawan adalah adanya jembatan kayu berbentuk yang instagenic. Dari jembatan ini, Anda bisa menikmati sunrise yang makin elok dengan suguhan pemandangan pegunungan dan siluet Candi Borobudur berselimut kabut.

desawisataborobudur_puthuk_mongkrong_2

Sama-sama terletak di Desa Giritengah, Punthuk Mongkrong juga sayang untuk dilewatkan ketika mencari spot menikmati sunrise dekat Candi Borobudur. Foto-foto tentang Punthuk Mongkrong pun mulai menjamur di media sosial belakangan ini. Bisa dibilang punthuk dekat Candi Borobudur ini memang sedang naik daun. Kalaupun tak sempat menikmati sunrise, Anda bisa mengagendakan perjalanan ke Punthuk Mongkrong ketika sore untuk menikmati pemandangan di kala sunset yang tak kalah indahnya.

Atraksi Terkait

Desa Kebonsari

Berbagai makanan khas yang juga berkembang di sekitar Desa Kebonsari adalah gula jawa dan gethuk. Desa Kebonsari merupakan desa yang menyimpan cukup potensi wisata yang masih perlu di […]

Desa Wringinputih

Desa Wringinputih berjarak sekitar 2,3 km dari Candi Borobudur berlatar belakang Perbukitan Menoreh dan didukung oleh kondisi alamnya yang masih alami dan memiliki pemandangan alam yang indah mempesona. […]

Desa Candirejo

Menurut cerita turun temurun, nama Candirejo awalnya berasal dari kata Candighra yang seiring dengan waktu berubah menjadi Candirga, lalu Candirja dan terakhir Candirejo Desa Candirejo ditetapkan sebagai “DESA […]