Tahunan

Sendratari Ramayana Prambanan

Trimurti Theatre (Indoor) & Open Stage (Outdoor)

Informasi Agenda

Lokasi : Trimurti Theatre (Indoor) & Open Stage (Outdoor)
Waktu : Sabtu, 01 Januari 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022

Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat dari cerita Ramayana dan dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan di Pulau Jawa, Indonesia. Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sendratari yang paling rutin mementaskan Sendratari Ramayana sejak 1961.

Cerita Ramayana berdasarkan epos Hindu diadaptasi dengan budaya Jawa membuat Sendratari Ramayana menjadi tarian yang unik. Lebih dari 200 penari profesional dan musisi lokal berpartisipasi dalam Sendratari Ramayana yang bertempat di panggung terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latar belakang. Sendratari Ramayana juga diceritakan di relief pada Candi Siwa.

Cerita Ramayana adalah perjalan Rama dalam menyelamatkan istrinya Sita (di Jawa biasa disebut Sinta) yang diculik oleh raja Negara Alengka, Rahwana.

Sendratari Ramayana Prambanan biasa digelar tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, pementasan di panggung terbuka (Open Stage) hanya pada bulan Kemarau (Mei-Oktober), di luar itu pementasan diadakan di panggung tertutup (Trimurti Stage) pada bulan Januari-April & November-Desember.

 

Calendar of Event Ramayana 2022

 

Agenda Terkait

06 September Candi Prambanan

Festival Payung Indonesia 2019

Festival Payung Indonesia merupakan festival rakyat yang melibatkan partisipasi masyarakat , beragam komunitas kreatif, pelestari seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, desainer dan lain-lain. Melestarikan payung tradisi Indonesia sekaligus […]

05 Oktober Candi Prambanan

Batik Musik Festival

Rajawali Indonesia bersama dan PT. TWC @BorobudurPark memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Batik Nasional tahun ini, yaitu melalui sebuah gelaran bertajuk Batik Music Festival yang siap diselenggarakan […]

01 Desember Ramayana Prambanan

Ramayana Prambanan Year End Special Show

Ramayana Prambanan Year End Special Show