Lebih dari 2000 Vespa Meriahkan Asia Vespa Days 2017 di Prambanan

September 19, 2017 / Berita

Yogyakarta menjadi tuan rumah ajang pecinta Vespa bertajuk Asia Vespa Days 2017 (15-16 September). Lebih dari 2000 Vespa dari berbagai daerah Indonesia bahkan luar negeri seperti Malaysia, China, Vietnam, Filipina, Singapura serta Amerika dan Italia dipastikan datang ke event yang baru kali pertama diadakan ini.

Frannata Suryanto Ketua Panitia Asia Vespa Days 2017 kepada wartawan dalam temu pers di Balaikota Yogyakarta Kamis (14/9/2017) mengungkap acara dua hari di Yogyakarta merupakan pertama kali diadakan di kawasan Asia. Lebih dari 300 komunitas telah memastikan hadir ke Yogyakarta untuk memeriahkan agenda yang dipusatkan di pelataran Candi Prambanan ini.

“Kalau kami perkirakan total bisa lebih dari 2000 karena ada 500-an komunitas yang sudah menyatakan diri ikut. Peserta dari luar negeri sudah mulai berkendara sejak beberapa waktu lalu, yang dari Italia bahkan sudah sejak bulan Juli berangkat. Sementara dari Indonesia juga sudah tiba, ada yang menginap di hotel tapi ada juga yang berkemah di pelataran Prambanan,” ungkapnya.

Asia Vespa Days 2017 sendiri mengangkat tema Brotherhood, Culture and Lifestyle di mana Vespa sudah dianggap sebagai sebuah budaya bagi para penyukanya dan menginspirasi kehidupan. “Kami juga ingin memanfaatkan acara di Prambanan sebagai tonggak awal pertemuan pecinta Vespa di Asia dan akan dibahas juga nanti apakah akan jadi acara rutin, juga di mana,” sambungnya.

Salah satu hal lain yang juga spesial menurut Fran yang juga pernah berkendara hingga Italia yakni adanya vespa batik yang dibuat oleh seniman batik menggunakan canting. “Proses pembuatannya hingga dua tahun dan satu set full vespa menggunakan canting jadi terlihat detail serta cerminan budaya mewakili Yogyakarta,” ungkapnya lagi.
Di Prambanan, para peserta bakal mengikuti agenda gathering serta pertunjukkan berbagai kesenian dari peserta dan para penampil undangan. Sementara pada 16 September, 261 Vespa bakal mengikuti konvoi di Kota Yogyakarta sebagai wujud ikut serta memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-261.

Photo by @dhaniel_youzniko (instagram)
Sumber: http://www.krjogja.com/web/news/read/43823/2000_Vespa_Bakal_Meriahkan_Asia_Vespa_Days_2017_di_Prambanan

Berita Terkait

Dukung Percepatan Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kabuaten Klaten, Destinasi Wisata TWC Prambanan Kembali Ditutup

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) kembali menutup operasional destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan. Penutupan yang dimulai 30 Juni 2021 sampai 5 Juli […]

Meriahnya The 9th Jogja International Heritage Walk di Taman Wisata Candi Prambanan

The 9th Jogja International Heritage Walk yang merupakan event jalan kaki internasional berlangsung selama dua hari, 18-19 November 2017, dengan menyusuri berbagai tempat budaya di Yogyakarta. Jogja International […]

Sendratari Karmawibangga Pentas Tiap Bulan di Borobudur

Ada yang baru di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Saban bulan tiap Sabtu kedua, ada pegalaran sendratari Kidung Karmawibangga di lingkungan candi. “Dipentaskan di panggung terbuka […]